5 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Bunga Adenium

Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Bunga Adenium

Bunga adenium adalah tanaman sukulen yang mempunyai keunikan pada bonggolnya. Bonggol bunga ini seperti umbi hingga bunga adenium seperti terlihat tanaman bonsai. Saran punyai saran, bunga adenium terhitung dalam tipe kerabat apocynaceae yang sanggup hidup di lingkungan kering seperti padang pasir.

Awalannya, tanaman ini hidup di padang pasir Afrika Selatan dan wilayah Timur tengah. Tetapi seiring waktu berjalan, bunga adenium menebar ke beberapa negara di Asia, seperti Indonesia, Taiwan, Thailand, India, dan Vietnam.

Bonggol besar yang dipunyai bunga adenium mempunyai keuntungan sendiri. Sisi ini sanggup memuat cadangan air yang lumayan banyak. Ini membuat bunga adenium sanggup bertahan di dalam cuaca yang kering dan cuaca yang panas. Bunga adenium yang dirawat secara baik sanggup berkembang sampai mempunyai ketinggian setinggi 4 mtr..

Nah, situs bonsaikita.com telah melansir supaya bunga adenium dapat tumbuh subur, kamu harus memerhatikan banyak hal di bawah ini.

5 Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Bunga Adenium

1.Tempat atau Pot

Pemakaian tempat atau pot memengaruhi perkembangan bonggol. Bila kamu memakai tempat yang dangkal, kamu akan memperoleh bonggol yang unik dan artistik. Ini karena akar bunga adenium yang condong ke bawah tidak mendapati makanan hingga membuat cari pada bagian atas yang dikitari tempat.

Di lain sisi, pemakaian tempat seperti polybag malah membuat akar jadi kurus dan panjang. Polybag sanggup memuat media tanah yang banyak dan dalam. Ini membuat akar terus tumbuh ke bawah sampai ke dasar polybag. Jika kamu ingin bunga adeniummu punyai bonggol yang baik, kamu harus menanamnya ulangi.

Triknya cabut bunga dari polybag dan potong akar yang tidak bermanfaat. Keringkan bunga sepanjang 1-2 minggu dan masukan ke tempat dengan mekanisme drainase baik. Seterusnya, tutup sisi akar yang ingin dibesarkan dengan tanah.

2. Kebutuhan Air

Karena bunga adenium tahan pada lingkungan yang panas dan kering, kamu tidak perlu sering-sering menyiraminya. Semua bagiannya sanggup jadi supply air hingga bunga ini tidak memerlukan banyak air. Walau demikian, kamu harus teratur menyiraminya dengan frekwensi yang bergantung keadaan cuaca. Saat cuaca panas sekali, siramlah bunga adenium 1-2 kali setiap hari. Bila cuaca hujan, siram bunga tiga hari sekali.

Beberapa tehnik menyirami dapat kamu pakai,seperti gembor, semprot memakai teko, dan memakai sprayer. Pemakaian sprayer memang mengirit waktu. Namun, kamu harus memerhatikan risikonya. Recikan air yang dibuat mempunyai potensi jadi media penyebaran cendawan. Oleh karena itu, kamu harus juga rajin memeriksa keadaan bunga adenium dengan teratur untuk pastikan dia tidak sakit.

Cahaya matahari terkait dengan musim panas. Bunga adenium membutuhkan cahaya matahari yang lumayan banyak. Pencahayaan yang banyak akan membuat cepat berbunga. Disamping itu, tangkai dan daunnya lebih sehat dan kekar. Coba untuk meletakkannya di bawah cahaya matahari sepanjang 4 jam satu hari. Ditanggung, bunga adenium punyamu terus akan sehat dan berbunga.

Bunga adenium akan berkembang dengan optimal saat musim panas datang. Masuk peralihan ke musim penghujan, perkembangannya akan melamban dan beberapa menggugurkan daunnya. Bunga akan bermekaran di awal musim panas dan akhir musim penghujan.

3. Tanah yang punyai porositas baik

Bunga adenium benar-benar menyenangi tanah yang berporositas baik. Tujuan dari porositas baik ialah tanah sanggup dengan mudah dan cepat meresap air. Kecuali sanggup meresap air, tanah berporositas baik mempunyai perputaran udara yang bagus juga.

Saat kamu pilih tanah, yakinkan tanah itu sanggup meredam air dan gizi yang cukup untuk bunga adenium. Ditambahkan, cari tanah yang teksturnya nyaris serupa pasir gurun karena habitat asli bunga adenium yang ialah padang pasir. Kamu dapat memakai tanah dengan kombinasi sekam mentah, akar sekam, cocopeat, dan kompos.

4. Sirkulasi udara

Bukan hanya tanah, bunga adenium harus ditempatkan di lingkungan yang higienis dan punyai perputaran udara yang bagus. Bunga ini tidak senang lingkungan yang lembab. Bila kamu menempatkannya di lingkungan yang lembab, tingkat kekebalan bunga adenium akan turun. Mengakibatkan, bunga adenium rawan pada penyakit dan hama,

Bila kamu mencermati lima ini saat merawat bunga adenium, dijamin dia akan tumbuh subur. Bunga adenium juga dapat kamu kembangbiakkan dan jadi tempat usaha. Mudah-mudahan artikel ini semakin membuat kamu rajin menjaga bunga adenium atau bahkan juga untuk yang masih belum tahu bunga ini dapat berminat untuk memiaranya!